Aplikasi Android yang harus diinstal jika kamu sering berpetualang ke alam bebas

Alam bebas seperti hutan atau gunung menyimpan berbagai bahaya dan misteri di dalamnya. Sehingga, bagi pecinta alam atau anggota pramuka yang sering berpetualang di alam bebas seperti berkemah atau mendaki gunung diperlukan berbagai alat yang ditujukan untuk keamanan atau kenyamanan. terutama apabila sedang dalam kondisi survival, kita akan sangat terbantu apabila memiliki alat – alat seperti kompas dan sebagainya.

Tak bisa dipungkiri, kemajuan teknologi sudah menyebarkan pengaruhnya ke segala bidang, termasuk dalam bidang petualangan alam bebas. Sekarang banyak aplikasi yang sangat berguna ketika di alam bebas. Aplikasi tersebut dapat menjadi alternative alat – alat yang cukup mahal. Tinggal cari di playstore dan download, kita sudah dapat aplikasinya. Aplikasi tersebut juga tidak kalah dengan alat yang sebenarnya. Berikut aplikasinya :

1. Clock
Ada yang salah dengan ponsel and ajika belum memiliki aplikasi ini. Ya, hampir semua ponsel di dunia di era sekarang ini sudah tersedia aplikasi penunjuk wakturutama Smartphone yang pengambilan dan penunjukkan waktunya berasal waktu pada jaringan tersebut yang memudahkan kita dalam mengatur waktu yang benar.

2. GPS Essential
Aplikasi ini merupakan aplikasi all in one yang menunjukkan nilai seperti Kompas, lokasi, dan banyak ainnya. Aplikasi ini seperti halnya pisau saku swiss army yang memiliki banyak kegunaan.
Icon GPS Essentials
Icon GPS Essentials

Tampilan Aplikasi GPS Essentials
Tampilan Aplikasi GPS Essentials

3. Compass
Sebagai alternative apabila tidak ingin menginstall GPS essentials, dan hanya ingin menginstall aplikasi kompas yang ringan serta akurat.
Compass di Play Store
Compass di Play Store

4. Super Bright LED Flashlight
Biasanya, sudah tersedia aplikasi bawaan android untuk menyalakan LED flashlight.
Icon Super Bright LED Flashlight
Icon Super Bright LED Flashlight


5. PMI - First Aid
Merupakan Aplikasi pertolongan pertama yang sangat lengkap dan mudah digunakan. Aplikasi dari PMI yang dikembangkan 3 Sided Cube
Icon PMI - First Aid
Icon PMI - First Aid

6. SAS Survival Guide
SAS survival guide terdapat versi gratis dan versi berbayar.Berisi berbagai keterampilan survival dari yang dasar hingga yang advanced.
Tampilan SAS Survival Guide Lite
Tampilan SAS Survival Guide Lite

Icon SAS Survival Guide
Icon SAS Survival Guide

7. Smart Thermometer
Menunjukkan suhu suatu tempat atau ruangan. Aplikasi ini memerlukan android yang mendukung sensor suhu. Namun, apabila ponsel kita belum memilikinya, jangan berkecil hati dulu karena masih dapat menggunakan walaupun harus dalam keadaan online.
Tampilan Smart Thermometer
Tampilan Smart Thermometer

Icon Smart Thermometer
Icon Smart Thermometer

8. Altimeter
Aplikasi ini berguna untuk mengukur ketinggian suatu tempat dari permukaan air laut.
Icon Altimeter
Icon Altimeter

9. Anti Mosquito Prank
Terganggu dengan nyamuk saat berkemah ? maka Anti Mosquito Prank lah solusinya. Aplikasi ini dapat mengusir nyamuk dengan memberikan suara ultasonik atau sangat keras yang hanya daoat didengar beberapa hewan seperti nyamuk, sehingga nyamuk pun pergi..

Tampilan Aplikasi Anti Mosquito Prank
Tampilan Aplikasi Anti Mosquito Prank

10. Sky Map
Sky Map dapat digunakan untuk mengidentifikasi bintang, planet, dan sebagainya. Sehingga, Skymap dapat menjadi petunjuk arah mata angin dikala malam penuh dengan bintang.
Icon Skymap
Icon Skymap

Tampilan Aplikasi Skymap
Tampilan Aplikasi Skymap

Sekian dulu aplikasinya. Daftar aplikasi diatas tidak kesemuanya harus diinstall, pilih yang paling berguna buat teman – teman. Selamat Berpetualang !

Comments

  1. Sekarang memang sudah zaman digital, sampai dalam hal adventure juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, hingga muncullah beragam aplikasi seperti diatas yang sangat bermanfaat

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Langkah Install DirectX 9 Di Windows 10 secara Offline

Mengenal Titik Lagrange: Titik Stabil untuk Penempatan Wahana Antariksa

Trip dan info Pendakian Gunung Slamet 3428 mdpl via Dipajaya, Pemalang