Pesona Bukit Mertelu, Wisata Alam Purbalingga dengan keindahan yang memukau

bukit mertelu

Saat ini, Purbalingga menjadi salah satu Kabupaten dengan beragam jenis wisata tersedia. Mulai dari wisata air seperti Owabong, Wisata Edukasi, serta tidak ketinggalan wisata alamnya. Hal ini memang dikarenakan Kabupaten Purbalingga masih memiliki alam yang segar, hijau, dan alami. Sehingga dapat mengembangkan berbagai macam wisata alam dengan tampilan menarik serta pemandangan unik.

Salah satu wisata alam yang cukup popular adalah Bukit Mertelu yang terletak di Desa Sangkanayu. Bukit Mertelu akan menyajikan pemandangan hijaunya alam dengan pohon kelapa yang sayup – sayup diterpa angin sejuk. Bukit Mertelu terletak pada ketinggian sekitar 1000 mdpl, sehingga kita dapat merasakan sejuknya alam sembari menikmati indahnya alam pegunungan. Bukit ini dinamakan Bukit Mertelu karena bukit ini terdiri dari tiga bukit, yaitu bukit Montang, Bukit Keroya, dan Puncak Mertelu itu sendiri.

Bagi Traveller sekarang, rasanya belum cukup kalau hanya menikmati saja. Yang tidak kalah penting, bahkan sangat penting bagi sebagian orang adalah mengabadikan keindahan tersebut. Di Bukit Mertelu kita tidak hanya disajikan dengan pemandangan hijau saja, melainkan ada banyak fasilitas yang disediakan yang sengaja dibuat sebagai tempat foto kita. 
gardu pandang bukit mertelu


Di Bukit Mertelu terdapat Gardu Pandang yang apabila kita berfoto di atasnya, maka kita akan mendapatkan foto dengan latar belakang pemandangan hijau di sekitar Purbalingga yang terbentang luas, terlebih jika menggunakan lensa wide, maka pemandangan pegunungan menakjubkan tersebut akan terbingkai dengan sangat indah.
ayunan langit bukit mertelu


Selanjutnya, Bukit Mertelu juga memiliki ayunan langit di puncak bukitnya. Takut naik ayunan? Tidak perlu takut, di Bukit Mertelu terdapat petugas yang akan menjaga keselamatan pengunjung. Petugas ini ada di puncak dari pagi, dari buka sampai sore sekitar pukul setengah empat. Jadi terbayang kan, ada ayunan langit di atas puncak bukit dengan latar belakang pegunungan hijau serta angin yang membelai dengan lembut.

Tak hanya itu, di sepanjang trek menuju Bukit Mertelu juga disediakan gazebo, tempat duduk, atau bangku - bangku yang dapat kita gunakan untuk beristirahat sekaligus berfoto ria. Bahkan di puncak juga terdapat gazebo dan bangku yang dapat kita gunakan sembari melepas penat setelah perjalanan menuju puncak. Di Puncak Bukit Mertelu kita juga bisa menyaksikan kemegahan dan keindahan Gunung Slamet yang terlihat sangat jelas apabila tidak tertutup kabut.
siluet bukit mertelu

bukit mertelu


Lokasi bukit Mertelu tepatnya di desa Sangkanayu, kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah. Dengan ketinggian tak kurang dari 100 mdpl seperti yang telah disebutkan diatas, bukit mertelu dapat ditempuh degan jarak sekitar 35 km dari pusat kota Purbalingga(Melalui jalur darat).

Rute menuju Bukit Mertelu dari Pusat kota Purbalingga yaitu menuju arah Bobotsari, kemudian melewati pertigaan selaganggeng ambil arah kiri ke agro wisata serang. Setelah it uterus menuju arah barat dan sebelum melewati desa wisata serang kita akan melihat gerbang selamat dating di Bukit Mertelu. Selanjutnya ikuti petunjuk arah yang terpampang dengan jelas. Untuk menuju puncak, kita tidak bisa menggunakan kendaraan bermotor. Tidak suka menanjak? Tenang saja, waktu yang diperlukan dari tempat perkir menuju Puncak Bukit Mertelu sekitar 20 – 30 menit dengan pemandangan indah yang dijamin menghapus segala lelah dan penat. Waktu 30 menit juga termasuk cukup lama, jadi untuk teman-teman yang sudah biasa hiking atau mendaki gunung, mungkin 10 menit saja sudah sampai puncak. Selain itu, jalan menuju puncak juga lebar dan jelas, serta dilengkap dengan pegangan tangga untuk memudahkan pangunjung, Jadi kita tidak perlu takut tidak kuat atau kelelahan lebih dulu.
bukit mertelu


Wisata Bukit Mertelu masih dalam tahap pembangunan dan pengembangan.Saat ini, harga tiket masuk Bukit Mertelu hanya Rp5.000/orang serta biaya parkir sebesar Rp. 2.000/kendaraan. Sedangakn untuk berfoto di Ayunan Langit, dikenakan biaya Rp. 5.000/ 6 kali foto. Selamat Berwisata!




Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Titik Lagrange: Titik Stabil untuk Penempatan Wahana Antariksa

Langkah Install DirectX 9 Di Windows 10 secara Offline

Pengin atau Berencana Ikut Olimpiade Astronomi? Ini 6+ Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Menghadapinya